Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Perbedaan Antara VPS dan Shared Hosting

Web Hosting adalah layanan yang menyewakan space untuk aplikasi berbasis web milik anda, dimana anda bisa menggunakan nama domain yang anda miliki untuk diarahkan ke aplikasi tersebut biasanya Web Hosting sudah terinstall Panel untuk mengelola Website anda. Anda akan diberikan fasilitas manajemen untuk mengelola web Anda. Biasanya Panel yang disediakan juga bermacam-macam, biasanya cPanel, DirectAdmin, Plesk, Webuzo, Cyberpanel dan masih banyak lagi . Layanan ini memiliki harga paling murah, namun terbatas hanya pada platform yang tersedia. Selain itu umumnya penyedia layanan hanya menyediakan 1 fisik server yang di bagi (Shared)  bersama pelanggan lain sehingga menyebabkan akses menuju web Anda lambat.

VPS (Virtual Private Server)

VPS atau juga disebut Virtual Private server adalah sebuah metode untuk mempartisi ataupun membagi sumberdaya (resource) sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual. Dan server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server fisik.

Anda bisa menggunakan VPS anda untuk keperluan apa saja Contoh untuk keperluan VPS Hosting, VPS Game , Server E-Learning, ataupun untuk kebutuhan Develop project kalian dan lain-lain yang membutuhkan Resource di atasnya Shared Hosting.

Kelebihan menggunakan VPS sdiantaranya adalah :

  • Fleksibel – Anda dapat menginstall software di VPS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
  • Anda akan memiliki akses ROOT, dimana dengn mempunyai akses ini, anda dapat melakukan apa saja terhadap VPS anda
  • Garansi resource (CPU, RAM, dan Space)
  • Anda tidak akan diusir pihak hosting karena menggunakan WP-Robot atau sejenisnya.

Kekurangan VPS adalah :

  • Anda wajib mempunyai pengetahuan lebih tentang penggunaan server linux ataupun windows. Karena pihak hosting tidak membantu akan hal ini, kecuali anda menggunakan jasa manage
  • Biaya lebih mahal dari share hosting
  • Semakin anda membutuhkan resource yang besar, akan perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar

Bagi anda yang sedang mencari VPS SSD Murah di Indonesia sangat banyak pilihan sekali pilihan nya untuk anda yang ingin upgrade dari pengguna Shared Hosting yang yang sudah mulai penuh anda bisa menggunakan jasa VPS SSD Indonesia.

Nah, Anda menggunakan shared hosting , sampai situs Anda mulai tumbuh dan menerima banyak lalu lintas. Ini adalah saat ketika segala sesuatunya mulai salah, situs web hang, tinggal diam dan Anda berpikir: apa yang harus dilakukan ? Jawabannya: Hosting VPS Murah ! Ya, shared hosting dapat menjadi baik ketika Anda baru saja memulai sebuah situs web atau membuat situs web kecil.

Tetapi jika Anda benar-benar ingin membangun proyek yang lebih besar, Anda memerlukan Virtual Private Server . Tapi apa penyedia hosting terbaik untuk server virtual saat ini? Mana yang termurah? Yang memiliki fitur dan dukungan terbaik ? Jadi di sini, di pesan ini Anda bisa melihat penyedia VPS mana yang terbaik dan termurah.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang apa Virtual Private Server,  Silahkan berkomentar di akhir Artikel ini.